Entri Populer

Kamis, 10 April 2014

Soal PKN dan Jawabannya Mengenai Hukum Internasional (PART 1)


1. uraikan tiga macam perjanjian internasional yang telah menjadi hukum internasional yang bersifat umum!

    = tiga macam perjanjianinternasional yang telah menjadi hukum internasional yang bersifa umum/multilateral adalah:
    a. Piagam PBB tentang hak asasi manusia (universal declaration of human right)
    b. konferensi tentang perlindungankorban perang pada tahun 1949
    c. konferensi tentang hukum laut pada tahun 1958

2. apakah indonesia berhak kehilangan pulau sipadan dan ligitan? uraikan pendapatmu!

   = indonesia tidak berhak kehilangan pulau sipadan dan ligitan kerena indonesia adalah negara kesatuan republik indonesia, dimana warga negaranya berhak dan wajib ikut serta dalam usaha pertahanan dan keamanan negara.

3. apakah indonesia berhak memiliki blok ambalat dan memanfaaatkan sumber daya alam yang terdapat didalamnya? jelaskan pendapatmu!

   = indonesia berhak memiliki ambalat dan memanfaatkan sumber dayanya karena pada dasarnya kasus blok ambalat termasuk kedalam sengketa sumber daya, dimana malaysia mengklaim blok ini kerena sumber daya minak buminya.

4. jika ternyata terjadi pergeseran patokpada batas wilayah darat RI dan malaysia, maka termasuk pelangaran hukum internasional apakah kasus tersebut? uraikan!

   = sengketa yang terjadi antara indonesia dan malaysia termasuk dalam senketa posisi karena malaysia tidak sepakat tentang suatu batas dikarenakan survey yang kurang akurat.

5. uraikan perbeaan antara hukum publik internasional dan hukum privat internasional?

  = perbedaan antara hukum publik internasional dan hukum privat internasional adalah hukum publik internasional merupakan kumpulan peraturan hukum yang mengatur tentang hubungan antar negara merdeka dan berdaulat, sedangkan hukum privat internasional adalah ketentuan-ketentuan yang mengatur huungan hukum antara seseorang dan orang lain yang berlainan warga negaranya dalam sebuah negara yang berkaitan dengan keperdataan.

1 komentar: